Minggu, 29 Juli 2018

Berapa Lama AC Seharusnya Sudah Dicuci? Ini Jawabannya

Jasa Cuci AC seringkali banyak yang menganggap hanya dibutuhkan ketika mesin AC mulai menunjukan kerusakan. Padahal keputusan tersebut seringkali tidak tepat karena hanya akan membuat mesin AC kurang bekerja secara maksimal meski sudah dibersihkan. Pasti pertanyaan yang kemudian muncul adalah berapa lama AC seharusnya sudah dicuci? Berikut jawabannya.

Tanda AC Harus Segera Dicuci
Layaknya sebuah mesin yang lain, AC tentunya juga membutuhkan perawatan agar tetap bisa bekerja secara maksimal. Nyatanya hal sederhana ini seringkali dilewatkan banyak orang dan tidak terlalu memperdulikannya. Padahal apabila mesin AC tidak kunjung dicuci maka kerusakan yang lebih fatal bisa saja terjadi dan mengakibatkan mesin AC tidak bisa berfungsi.

Biasanya mesin AC ini menunjukan beberapa tanda yang menegaskan bahwa mesin tersebut harus segera dibersihkan. Tanda tersebut biasanya diawali ketika dinyalakan maka mesin AC biasanya mengeluarkan suara yang berisik. Lantas dilanjut dengan kemampuan mendinginkan udara yang sudah menurun. Apabila sudah begitu maka jasa cuci AC sudah sangat dibutuhkan.

Penyebabnya Bukan Freon Habis
Banyak juga yang kemudian beranggapan bahwa AC yang tidak dingin disebabkan karena freonnya yang habis. Dari anggapan tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang memutuskan untuk mengisi freon setiap bulannya. Padahal seperti yang diketahui biaya untuk mengisi freon tidaklah murah dan seringkali sangat menguras kantong apabila dilakukan sering.

Asal tahu saja ternyata AC yang kehabisan freon setiap bulannya adalah sebuah kekeliruan. Soalnya apabila mesin AC tidak mengalami kebocoran instalasi maka freon bisa bertahan hingga satu tahun lamanya. Jadi apabila tukang yang kemudian menawarkan untuk mengisi freon padahal belum waktunya sebaiknya Anda berhati-hati.

Waktu Paling Tepat Mencuci AC
Pertanyaan berapa lama seharusnya AC dicuci? Sebenarnya adalah pertanyaan yang jawabannya tidak bisa dipukul rata untuk semua orang. Soalnya masa pencucian AC ini sangat tergantung dan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor pertama yang mempengaruhi kondisi dan kualitas dari mesin AC itu sendiri. Terutama merek mesin AC yang Anda gunakan.

Faktor berikutnya yang juga tidak kalah mempengaruhi adalah kondisi atau kualitas udara di tempat Anda. Semakin kotor dan semakin keruh kualitas udaranya maka rentang waktu untuk mencuci AC juga semakin sering. Untuk rentang paling standar setidaknya 3 bulan sekali untuk mencuci AC. Namun untuk menghindari kerusakan AC maka bisa dilakukan 1 bulan sekali.

Sempurnakan dengan Menservisnya
Supaya mesin AC terus terjaga dan bekerja secara maksimal maka Anda tidak bisa hanya mengandalkan melakukan pencucian rutin. Namun melakukan servis terhadap mesin AC juga penting dilakukan demi menjaga kinerja dari AC. Dengan melakukan kegiatan servis ini maka AC bisa bertahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan dini.

Selain  itu, jangan lupakan bahwa penggunaan mesin AC seringkali membutuhkan daya listrik yang besar. Jadi Anda mesti bijak dalam menyalakan mesin AC ini setiap harinya. Soalnya kerusakan pada mesin AC bisa terjadi bukan hanya semata karena tidak mendapatkan pencucian atau servis. Bisa juga karena pemakaian dari Anda yang terlalu berlebihan dan juga tidak sesuai.

Jadi apabila mesin AC Anda sudah menunjukan tanda-tanda untuk minta dibersihkan maka segeralah meminta jasa cuci AC untuk mengurusnya. Tenang saja, sekarang ini Anda sudah tidak perlu lagi repot dalam mencarinya. Dengan adanya Sejasa maka mencari profesi dengan berbagai keahlian bukanlah hal yang sulit lagi. Tidak terkecuali untuk mencuci mesin AC.
Load disqus comments

0 komentar